Tim Gugus Tugas COVID-19 Pantau Penumpang KM Lambelu di Baubau

Ridwan Amsyah, telisik indonesia
Senin, 13 April 2020
0 dilihat
Tim Gugus Tugas COVID-19 Pantau Penumpang KM Lambelu di Baubau
Kadis Kesehatan Kota Baubau, dr. Wahyu (kanan) yang juga Tim Gugus Penanganan COVID-19, bersama jajarannya di Dinas Kesehatan Kota Baubau. Foto: Ridwan/ Telisik

" Ternyata hasil crosscheck di lapangan hanya 71 orang penumpang yang memang betul-betul berdomisili di Baubau sebagian di luar Kota Baubau. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Para penumpang KM Lambelu yang turun di Pelabuhan Murhum Baubau, Senin (6/4/2020) terus dipantau dan mendapat perhatian serius dari Pemkot Baubau melalui Gugus Tugas Penanggulangan Penyebaran COVID-19 Kota Baubau.

Itu diungkapkan Kadis Kesehatan Kota Baubau dr. Wahyu yang juga anggota gugus tugas penanggulangan penyebaran COVID-19 dalam pernyataan persnya, Senin (13/4/2020).

dr. Wahyu mengatakan, data sesungguhnya penumpang KM Lambelu yang sekarang ini sudah memasuki hari ketujuh masa pemantauan tercatat berjumlah 206 orang. Hanya saja yang mengisi formulir yang diberikan oleh petugas di pelabuhan sebanyak 176 penumpang.

Baca juga: Ini Kronologi Kecelakaan Tunggal Ambulans di Bombana

Wahyu juga mengatakan, telah melakukan crosscheck di lapangan sesuai dengan data yang diberikan para penumpang seperti nomor handphone dan alamat rumah masing-masing.

"Ternyata hasil crosscheck di lapangan hanya 71 orang penumpang yang memang betul-betul berdomisili di Baubau sebagian di luar Kota Baubau,"  ungkapnya.

Olehnya itu, ke 71 penumpang KM Lambelu ini, hingga kini terus dilakukan pemantauan atau self monitoring oleh petugas Puskesmas di masing-masing domisili penumpang, untuk memastikan kondisi kesehatannya.

Baca juga: Empat Warga Muna yang Diamankan Densus 88 Dibawa ke Kendari, 1 dalam Pengejaran

"Angka 71 orang tersebut masih bersifat tentatif, sebab kemungkinan bisa berubah karena pemantauan masih terus dilakukan dengan lebih ketat lagi dari tim surveillance," imbuh wahyu.

Sementara itu, pengarah sekretariat bersama gugus tugas penanganan penyebaran COVID-19 Kota Baubau Dr Roni Muhtar MPd, Senin (13/4/2020) meminta kepada seluruh jajaran sekretariat bersama agar memaksimalkan kinerja tugas masing-masing bidang sehingga dicapai hasil yang maksimal.

 

Reporter : Ridwan Amsyah

Editor: Sumarlin

Baca Juga