Buton Menangkan Penghargaan API Award 2023

Febriyani, telisik indonesia
Selasa, 31 Oktober 2023
0 dilihat
Buton Menangkan Penghargaan API Award 2023
Pemda Buton bakal menerima penghargaan API Awarda 2023 setelah kategori brand pariwisata Buton masuk dalam tiga besar. API diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Foto: Ist.

" Pemda Buton bakal menerima penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2023, setelah kategori brand pariwisata Buton masuk dalam tiga besar. API diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif "

BUTON, TELISIK.ID - Pemda Buton bakal menerima penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2023, setelah kategori brand pariwisata Buton masuk dalam tiga besar. API diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Malam puncak API Award 2023 direncanakan akan berlangsung di Kota Ambon, 1 November 2023,” ujar Kadispar Buton, Rusdi Nudi ketika dihubungi, Selasa (31/10/2023).

Penghargaan itu akan diterima oleh Pemda Buton yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata pada 1 November di Ambon. Branding CHIC of Buton telah diperkenalkan oleh Menteri Pariwisata RI, Sandiaga Uno pada 2022.

Dijelaskannya, API Award adalah ajang lomba pariwisata nasional dengan mengusung 18 kategori, yaitu kategori makanan tradisional, promosi digital, brand pariwisata, cindera mata, olahraga dan petualangan, wisata air, ekowisata, dataran tinggi, situs sejarah, atraksi budaya, surga tersembunyi, minuman tradisional, destinasi belanja, kampung adat, festival pariwisata, destinasi unik dan destinasi baru.

Baca Juga: Ruang Kelas SDN 78 Buton Rusak Parah, DPRD Minta Pemda Lakukan Perbaikan

Kata dia, tahun ini Pariwisata Kabupaten Buton kembali memenangkan ajang bergengsi nasional tersebut untuk kategori brand pariwisata.

API Award telah diselenggarakan selama beberapa tahun, dan berhasil menjadi media dalam memperkenalkan dan upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

Penyelenggaraan API selalu berupaya penuh meningkatkan value (nilai) di destinasi pariwisata daerah maupun pemerintah daerah.

“Kabupaten Buton melalui proses seleksi dan kurasi dalam memilih setiap item kegiatan, akhirnya berhasil masuk nominasi dalam dua kategori, yaitu promosi digital dan kategori brand pariwisata,” bebernya lagi.

Hal ini tampak berbeda dengan pencapaian Kabupaten Buton yang diusulkan melalui Dinas Pariwisata dari tahun sebelumnya, nominasi yang diraih pada saat ini lebih kepada branding dan penggunaan teknologi sebagai sarana promosi pariwisata.

Dengan nominasi aplikasi berbasis android yaitu Explore Buton dan brand pariwisata CHIC of Buton, khusus kategori brand pariwisata Buton melalui Dinas Pariwisata masuk dalam tiga besar.

Dia memaparkan nominasi brand CHIC of Buton, brand yang memiliki makna pariwisata Buton elok dan indah sempurna yang mana setiap huruf juga memiliki makna. C = colour yang maknanya berarti keberanekaragaman potensi wisata buton mulai dari bawah lautnya, alam, serta sosial budaya. H = harmony yang berarti kehidupan sosial budaya masyarakat Buton sangat harmonis. I = inspiring wisata Buton menginspirasi orang untuk berkunjung, dan C = comfortable bermakna nyaman dan menjadi kenangan yang baik.

Diapun mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak, tahun ini Dispar Buton kembali mengukir prestasi yang cukup membanggakan bagi Kabupaten Buton di Tingkat Nasional.

Baca Juga: Kronologis Terbakarnya Rumah Kos Milik Mantan Bupati Buton Utara Abu Hasan

Dilansir dari laman resmi pemerintah Kota Ambon, Ambon.go.id, mengawali malam puncak API dilaksanakan Expo-Activity dan Talkshow bertemakan "Music Tourism" oleh Maluku Promotion Board, yang berlangsung 30-31 Oktober di Pattimura Park, dan dibuka oleh Asisten III Sekkot yang baru dilantik, Roby Sapulette.

Sapulette pada acara pembukaan, Senin (30/10/23) mengatakan; suatu kebanggan bagi Kota Ambon dapat menjadi tuan rumah malam puncak API di tahun ini, yang menghadirkan para 18 nominator terbaik se - Indonesia untuk kategori Pariwisata. Dirinya mengatakan, event API yang telah berlangsung sejak 2016 telah berhasil mempromosikan ribuan destinasi dan produk wisata Nusantara.

"Dalam ajang ini, Kota Ambon telah berhasil menjuarai beberapa Kategori. Pada 2020, juara II Kategori Brand Pariwisata, Ambon City Of Music; 2021 juara III Kategori Atraksi Budaya Sounds Of Green, dan terakhir 2022; dan 2022, juara I Kategori Kampung Adat Hatu Rutui negeri Rutong," ungkapnya. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga