Dinas Sosial Siapkan 100 Paket Bantuan Darurat untuk Korban Bencana Hidrometeorologi

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 09 Maret 2023
0 dilihat
Dinas Sosial Siapkan 100 Paket Bantuan Darurat untuk Korban Bencana Hidrometeorologi
Pj Wali Kota Kendari menyerahkan bantuan pada 16 korban bencana hidrometeorologi di Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari. Beberapa warga rumahnya rata dengan tanah karena tertimpa pohon maupun tertiup angin kencang. Foto: Sumarlin/Telisik

" Dinas Sosial Kota Kendari menyiapkan 100 paket penanggulangan bencana untuk para korban bencana hidrometeorologi "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Sosial Kota Kendari menyiapkan 100 paket penanggulangan bencana untuk para korban bencana hidrometeorologi. 30 paket di antaranya telah disalurkan pada korban bencana di Kecamatan Mandonga dan Puuwatu.

Kamis (9/3/2023), Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari menyerahkan bantuan pada 16 korban bencana hidrometeorologi di Kecamatan Puuwatu. Penyerahan dilakukan secara langsung di salah satu rumah korban di Kelurahan Watulondo.

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menjelaskan, penyerahan bantuan dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Kendari pada korban untuk digunakan dalam kondisi tanggap darurat.

"Bantuan yang sudah disiapkan Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial berupa tenda, bahan pokok makan, termasuk selimut dan kebutuhan mandi," ungkap Asmawa, usai menyerahkan bantuan.

Asmawa menambahkan, penyerahan bantuan dilakukan secara simultan pada korban yang sangat membutuhkan setelah melalui proses penilaian oleh Dinas Sosial Kota Kendari. Bantuan ini sambil menunggu bantuan perbaikan rumah yang sedang diusulkan pada Kementerian Sosial maupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Buat Rusak 324 Rumah di Kota Kendari

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Abdul Rauf menjelaskan, bantuan yang diberikan merupakan kebutuhan dasar korban bencana yang sifatnya mendesak. Dan saat ini jumlahnya masih terus bertambah berdasarkan laporan yang masuk dan hasil penilaian.

"Kategorinya berdasarkan asesmen kita yang pertama rumahnya habis, kemudian warga miskin, kita dahulukan mereka karena rumahnya  rusak. Artinya Dinsos hadir karena tanggap daruratnya," kata Abdul Rauf.

Seorang korban bencana, Yusran menjelaskan, akibat bencana itu, rumahnya rata dengan tanah karena tertimpa pohon roboh.

Baca Juga: Banyak Tiang Listrik Tumbang, Warga Diminta Lapor PLN Jika Masih Temukan

Saat ini Yusran yang sebatang kara, tinggal menumpang di rumah tetangganya sambil menunggu bantuan untuk mendirikan rumahnya yang semi permanen.

"Terima kasih atas bantuan Pemerintah Kota Kendari, semoga masih ada bantuan lagi untuk perbaikan rumahku," harapnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data Bagian Tata Pemerintahan Kota Kendari yang berkoordinasi dengan camat dan lurah, bencana hidrometeorologi yang melanda Kota Kendari Minggu (5/3/2023) sore, menyebabkan 1 korban meninggal dunia, dua korban luka-luka, sekira 324 rumah rusak dan sekira 58 fasilitas publik rusak. (A)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga