Dua Siswa SMAN 1 Kendari Wakili Sulawesi Tenggara di Ajang Nasional

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 02 September 2023
0 dilihat
Dua Siswa SMAN 1 Kendari Wakili Sulawesi Tenggara di Ajang Nasional
Kepala SMAN 1 Kendari, Ruslan (ujung kanan) bersama Mykayla Fawaz Dahlan Moga (kedua kiri) dan Afifah Arif Mansyur (tengah). Foto: Ist.

" Prestasi membanggakan datang dari dua orang siswa SMAN 1 Kendari yang berhasil lolos hingga ke tingkat nasional, prestasi tersebut yaitu parlemen remaja dan duta SMA "

KENDARI, TELISIK.ID - Prestasi membanggakan datang dari dua orang siswa SMAN 1 Kendari yang berhasil lolos hingga ke tingkat nasional, prestasi tersebut yaitu parlemen remaja dan duta SMA.

Pada September, tepatnya 6 dan 11 siswa tersebut akan berangkat ke Jakarta mewakili sekolah dan Sulawesi Tenggara, baik parlemen remaja dan duta SMA sendiri dengan proses seleksi yang cukup ketat.

Kepala SMAN 1 Kendari, Ruslan menyebut, kegiatan itu diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta DPR RI dan MPR RI.

"Alhamdulillah, siswa kami untuk parlemen remaja diwakili oleh Afifah Arif Mansur dan untuk duta SMA diwakili oleh Mykayla Fawaz Dahlan Moga," bebernya pada Telisik.id, Sabtu (2/9/2023).

Baca Juga: 10.000 Porsi Makanan Gratis di Ekspose 5 Tahun AMAN Ludes Sekejap

Ia menjelaskan, prestasi yang didapat oleh peserta didiknya karena pihak sekolah memiliki program ekstrakurikuler dalam mengembangkan minat siswa.

"Mereka berdua ini memang aktif dalam kegiatan sekolah, di mana di SMAN 1 Kendari sendiri siswanya sering dibimbing untuk mengikuti segala jenis ekstrakurikuler dalam mengembangkan kemampuan yang mereka miliki," tambahnya.

Guru SMAN 1 Kendari, Siti Zatiar menuturkan, selain pembinaan melalui kegiatan ekstrakurikuler juga dilakukan pembinaan melalui OSIS

"Pembinaan juga melalui Ubasis yang bernaung di bawah OSIS jadi anak-anak yang punya potensi dari SMP ataupun MTS, begitu masuk sekolah kami sudah dilakukan pemetaan," ungkapnya.

Ia menambahkan banyak siswa yang berprestasi, secara akademik siswanya sering melibatkan diri di pelajar cerdas komunikasi (PCK) OSIS dan para peserta didik semangat untuk mengembangkan diri dan mereka sering mengikuti kegiatan lomba.

Baca Juga: Festival Kuliner Ekspose 5 Tahun Ali Mazi-Lukman Abunawas Didominasi Pelajar

Sementara itu, siswa yang berhasil mewakili sekolahnya di parlemen remaja, Afifah Arif Mansur menuturkan, ia pertama kali mengetahui lomba tersebut saat melihat video di media sosial (TikTok).

Ia tertarik untuk mencoba mengikuti kegiatan tersebut dan sempat menanyakan hal itu pada alumni yang pernah mengikuti kegiatan serupa.

"Saya coba ikuti dan persiapkan diri membuat essay, video hingga dinyatakan lolos dan berhasil menjadi salah satu perwakilan Sulawesi Tenggara ke tingkat nasional," ungkapnya dengan perasaan bangga.

Ia sama sekali tidak menyangka bisa memenangkan perlombaan tersebut mengingat persaingan yang cukup ketat. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga