Gubernur Apresiasi Pameran Potensi Unggulan yang Digelar di Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Minggu, 20 November 2022
0 dilihat
Gubernur Apresiasi Pameran Potensi Unggulan yang Digelar di Kolaka Utara
Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi (berbaju putih) bersama sejumlah pejabat dalam pembukaan pameran potensi unggulan daerah di Kolaka Utara. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, memberikan apresiasi kepada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Sulawesi Tenggara, Pemerintah Daerah Kolaka Utara dan Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, memberikan apresiasi kepada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Sulawesi Tenggara, Pemerintah Daerah Kolaka Utara dan Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Apresiasi itu diberikan atas keberhasilan DPM PTSP bekerja sama Pemkab Kolaka Utara dan UMKM menyelenggarakan pameran potensi unggulan dengan bertema gelar peluang investasi UMKM se-Sulawesi Tenggara yang di pusatkan di Kolaka Utara.

"Saya menilai kegiatan ini sejalan dengan salah satu misi Pemprov Sulawesi Tenggara priode 2018-2023, yakni memajukan daya saing wilayah melalui penguatan ekonomi lokal dan peningkatan investasi," kata Ali Mazi saat membuka pameran potensi yang digelar di Kolaka Utara, Minggu (20/11/2022).  

Baca Juga: Ratusan Hektare Sawah di Kolaka Timur Panen Raya

Ali Mazi menyatakan, daerah Sulawesi Tenggara saat ini sangat diminati dan telah menjadi tujuan tempat untuk berinvestasi, karena menawarkan banyak pilihan potensi serta memiliki daya tarik yang kuat bagi para investor nasional dan asing.

Gubernur Ali Mazi saat membuka kegiatan pameran potensi unggulan daerah yang digelar di area pusat perkantoran Pemkab Kolaka Utara. Foto: Muh Risal H/Telisik

 

"Mencermati kondisi tersebut pemerintah pusat dan daerah memberi dukungan dan memotivasi pelaku usaha industri kearifan di daerah ini, agar turut serta upaya pengembangan potensi daerah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Kata Ali Mazi, UMKM merupakan sektor yang cukup kuat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah, mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, juga memberikan dampak ekonomi secara langsung pada kehidupan masyarakat sekitar.

Olehnya itu kata Ali Mazi, masyarakat harus meningkatkan kecintaan kepada produk-produk dalam negeri atau daerah, terutama produk UMKM agar menjadi komoditas perdagangan yang memiliki daya saing tinggi, dalam mengisi pasar domestik seperti kain tenun masalili yang telah tembus pasar internasional.

Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, lanjutnya, melalui DPM PTSP terus berupaya untuk mempromosikan potensi dan peluang-peluang investasi UMKM yang ada di daerah, salah satunya dengan menggelar pameran potensi unggulan yang berlangsung saat ini.

"Olehnya itu mari kita manfaatkan secara maksimal event ini untuk mendorong peningkatan investasi di sektor UMKM, guna memacu pertumbuhan ekonomi di daerah Sulawesi Tenggara sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," imbuhnya.

Gubernur Ali Mazi di dampingi Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi mengunjungi salah satu stand UMKM melihat dan mencicipi langsung salah satu produk UMKM Kolaka Utara. Foto. Muh Risal H/Telisik

 

Kesempatan sama, Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi menuturkan, pameran itu digelar dalam rangka mewujudkan percepatan pergerakan perekonomian, sekaligus sebagai bentuk dukungan kebijakan pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN) dan meningkatkan daya beli masyarakat, dalam upaya bangkitnya kembali perekonomian nasional.

"Tujuannya untuk mempromosikan produk terbaik dari para pelaku usaha unggulan yang ada di Sulawesi Tenggara dan khususnya yang ada di Kabupaten Kolaka Utara," jelas Parinringi.

Menurutnya, peserta yang ikut dalam pameran kali ini sekitar 40 pelaku usaha dengan menampilkan berbagai prodak unggulannya antara lain makanan, limbah kelapa, pupuk organik dan kerajinan kain adat.

Pameran potensi unggulan sendiri diselenggarakan selama lima hari, mulai 20-24 November 2022. Setiap harinya, dibuka mulai pukul 10.00-22.00 Wita.

Baca Juga: Pendaftaran Calon PPK Dilakukan Secara Online

Kadis DPM PTSP Sulawesi Tenggara ini berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi ajang promosi dan memberikan inspirasi bagi penggiat UMKM yang ada di Sulawesi Tenggara, khususnya Kabupaten Kolaka Utara untuk dapat terus berkreasi, berinovasi dan menciptakan nilai tambah.

"Pameran ini diharapkan mampu menginformasikan dan mengangkat setiap potensi yang ada di Sulawesi Tenggara. Tidak hanya itu, pameran ini juga untuk menarik minat dan meyakinkan investor untuk dapat berinvestasi di Sulawesi Tenggara," pungkasnya.

Ia juga berhara,  ke depan UMKM yang ada di Sulawesi Tenggara menjadi rantai pasok perdagangan besar dan dapat menyerap tenaga kerja lokal agar meningkatan kesejahteraan masyarakat. (B-Info)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga