Ini Jumlah Aman Minum Kopi per Hari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 24 Oktober 2022
0 dilihat
Ini Jumlah Aman Minum Kopi per Hari
Menurut European Food Safety Authority, batas aman konsumsi kafein bagi orang dewasa tanpa riwayat penyakit tertentu adalah 400 mg per hari. Jumlah ini setara dengan 4 cangkir kopi. Foto: Repro Alodokter.com

" Batas konsumsi kafein yang terbilang aman untuk sebagian besar orang dewasa adalah 400 mg "

KENDARI, TELISIK.ID - Kopi merupakan salah satu minuman yang sudah tidak asing bagi orang Indonesia. Bahkan meminum kopi merupakan rutinitas yang sering dilakukan di pagi hari maupun waktu santai.

Minum kopi setiap hari tak masalah. Namun, bisa jadi masalah jika mengonsumsinya berlebihan, apalagi dengan banyak tambahan seperti gula, krim, krimer, dan lain-lain.

Dilansir dari Hellosehat.com, Mayo Clinic mengatakan, batas konsumsi kafein yang terbilang aman untuk sebagian besar orang dewasa adalah 400 mg.

Mengutip Klikdokter.com, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal medis “New England Journal of Medicine” pada 2012 mengamati 402.260 partisipan dengan usia 50-71 tahun. Studi tersebut menunjukkan hubungan antara konsumsi kopi dan risiko kematian dalam periode studi selama 12-13 tahun.

Baca Juga: Catat, 5 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Batuk Anak

Kopi yang diminum dalam sehari juga dikelompokkan, yaitu mulai dari 0-6 cangkir per hari. Hasil studi menunjukkan, risiko kematian terendah berada pada 4-5 cangkir per hari.

Aturan minum kopi memang tak akan sama setiap orang. Kopi mengandung kafein. Jumlah kafein yang bisa dikonsumsi seseorang tiap hari berbeda-beda, tergantung pada masing-masing individu seperti pada usia, riwayat penyakit, dan respons tubuh terhadap kafein.

Baca Juga: Kenali Kondisi Kesehatan Lewat 11 Warna Urine Ini

Menurut European Food Safety Authority, batas aman konsumsi kafein bagi orang dewasa tanpa riwayat penyakit tertentu adalah 400 mg per hari. Jumlah ini setara dengan 4 cangkir kopi, 10 kaleng minuman bersoda, atau 2 kaleng minuman berenergi.

Jumlah tersebut aman untuk orang dewasa dengan berat badan normal. Namun, bila Anda termasuk dalam kategori berat badan kurang, maka jumlah kafein yang bisa Anda konsumsi harus lebih kecil.

Kopi pada dasarnya merupakan minuman rendah kalori yang membawa manfaat, cukup dengan 4 cangkir adalah batasan minum kopi dalam sehari. Untuk pola konsumsi yang lebih sehat, hindari menambahkan gula ke dalam kopi. Alih-alih menyehatkan, asupan gula justru menambah jumlah kadar gula atau kalori yang mengganggu metabolisme tubuh. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga