Kelurahan Bende Juara III Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi Sultra

Sumarlin, telisik indonesia
Jumat, 16 Juli 2021
0 dilihat
Kelurahan Bende Juara III  Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi Sultra
Lurah Bende, Alimin, sedang mempersentasekan perpustakaan Kelurahan Bende pada tim penilai. Foto: Ist.

" Dia berharap dukungan semua pihak untuk terus memajukan perpustakaan di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Kelurahan Bende Kecamatan Kadia, keluar sebagai juara III pada lomba perpustakaan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2021.

Kabid Perpustakaan dan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari, Meriyanti, memberikan apresiasi atas kerja dan upaya Kelurahan Bende dalam mengikuti lomba perpustakaan dan berhasil masuk tiga besar.

"Selamat buat Kelurahan Bende yang berhasil meraih juara tiga, semoga ke depannya bisa lebih baik lagi," katanya.

Dia berharap dukungan semua pihak untuk terus memajukan perpustakaan di Kota Kendari.

Lurah Bende Alimin mengaku bersyukur atas prestasi yang diraih Kelurahan Bende hingga mewakili Kota Kendari pada lomba perpustakaan tingkat provinsi.

"Patut kita syukuri bisa juara tiga, mudah-mudahan dengan juara tiga bisa memotivasi Kelurahan Bende untuk lebih baik lagi pada lomba yang akan datang," ujarnya.

Menurutnya, fasiltas perpustakaan Bende ini merupakan aset dan hasil inovasi dari Pemerintah Kelurahan Bende untuk masyarakat.

Dia menuturkan, fasilitas perpustakaan ini terbuka untuk semua anak remaja mulai usia SD, SMP, dan umum untuk membaca buku di Kelurahan Bende.

"Adapun fasilitasnya dilengkapi dengan area pojok baca, ada ruang perpustakaan dengan koleksi ratusan buku bacaan, taman baca anak, musala, dan kami siapkan juga jaringan internet. Inilah fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak kita,” ujarnya.

Dia mengaku, penyediaan fasilitas perpustakaan di kelurahan merupakan upaya mencerdaskan generasi muda, karena dengan membaca bisa mengetahui segala hal, sebab perpustakaan adalah gudang ilmu.

Baca Juga: Bertambah 109, Kendari Catat Rekor Kasus Positif COVID-19 Tertinggi

Baca Juga: Ciri COVID-19 Varian India Terdeteksi di Kendari

“Selain jadi taman baca, ini juga dapat menjadi tempat bagi warga yang sedang berurusan di kantor kami dengan menitipkan anak mereka untuk nantinya mereka dapat membaca dan bermain, dan dijaga oleh petugas yang telah disiapkan oleh Kelurahan Bende,” pungkasnya.

Alimin berharap, Perpustakaan Kelurahan Bende bisa menjadi wadah bagi warga di 40 RT dan 9 RW, untuk memanfaatkan dengan baik sebagai media literasi pengetahuan.

Dia menambahkan, hasil evaluasi internal pasca pengumuman pemenang masih ada beberapa hal yang masih perlu dibenahi, seperti penambahan jumlah koleksi buku termasuk fasilitas rak atau lemari buku serta menyediakan aplikasi daftar hadir secara online. (B-Adv)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga