Pembangunan Laboratorium SDN 101.791 Telan Anggaran Fantastis Diawasi

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Kamis, 10 Agustus 2023
0 dilihat
Pembangunan Laboratorium SDN 101.791 Telan Anggaran Fantastis Diawasi
Pekerja sedang membangun gedung laboratorium di SDN 101.791 Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Anggaran pembangunan gedung laboratorium Sekolah Dasar (SD) 101.791 di Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara dipertanyakan "

MEDAN, TELISIK.ID - Anggaran pembangunan gedung laboratorium Sekolah Dasar (SD) 101.791 di Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara dipertanyakan.

Soalnya, pembangunan ruangan dengan luas tanah 7 kali 8 itu menelan anggaran mencapai Rp 272 jutaan. Anggaran itu dirasa sangat besar.

Selain itu, di sekolah itu juga sedang ada renovasi kamar mandi. Akan tetapi, proyek itu tidak ada plang atau papan informasinya.

Baca Juga: Kepala Sekolah Ini Dilantik Dua Kali dalam 5 Hari, DPRD Sumatera Utara Pertanyakan Mekanisme

"Sangat besar itu anggarannya, namun kita lihat saja bagaimana hasilnya," kata Bendahara DPD Lembaga Independen Pemuda Pemerhati Indonesia (LIPPI) Sumatera Utara, Sastrawan Sembiring ketika diminta tanggapannya terkait dengan proyek itu, Kamis (10/8/2023) siang.

Selain itu, proyek dari Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang itu dijadwalkan berjalan dari 26 Juni sampai 23 Oktober 2023. Sastrawan berharap agar tidak ada praktek mark up atau dugaan korupsi dalam proyek itu.

"LIPPI Sumatera Utara akan kawal proyek ini. Jangan sampai nanti bangunan selesai, tapi hasilnya tidak maksimal. Bahkan pernah kejadian bangunan sekolah roboh dan menyebabkan pelajar meninggal dunia di SD Negeri 101280  Padang Lawas Utara," terangnya.

Terpisah, Kepala SDN 101.791, Sahro ketika dikonfirmasi membenarkan adanya proyek pembangunan itu.

Baca Juga: 3 Karyawan Pangkalan Gas Ditangkap Diduga Oplos Gas Bersubsidi ke Non Subsidi

"Iya, itu proyek dari Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang. Kami dari pihak sekolah hanya mengawasi proyek itu aja. Sedangkan untuk anggaran dan bentuknya, itu semua ranahnya dinas," ucapnya.

Kemudian, Sahro mengaku, proyek pembangunan kamar mandi itu ada papan informasinya. Namun sudah hilang.

"Kemarin ada papan informasinya, tapi sepertinya sudah hilang," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga