Pengundian Nomor Urut di KPU: Massa AJP - ASLI Nobar di Posko Pemenangan demi Pilkada Damai

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 23 September 2024
0 dilihat
Pengundian Nomor Urut di KPU: Massa AJP - ASLI Nobar di Posko Pemenangan demi Pilkada Damai
Komit wujudkan Pilkada damai, pasangan AJP-ASLI tak kerahkan massa saat pengundian nomor urut di Kantor KPU Kota Kendari. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, Aksan Jaya Putra dan Andi Sulolipu (AJP - ASLI), menunjukkan komitmen kuat untuk mewujudkan pilkada damai pada Pilwalkot Kendari 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID – Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, Aksan Jaya Putra dan Andi Sulolipu (AJP - ASLI), menunjukkan komitmen kuat untuk mewujudkan pilkada damai pada Pilwalkot Kendari 2024.

Saat pengundian dan pengumuman nomor urut yang digelar di Kantor KPU Kendari, Senin (23/9/2024) malam, AJP - ASLI memutuskan untuk tidak mengerahkan massa pendukung. Langkah ini diambil untuk menjaga ketertiban dan mencegah potensi gesekan di tengah masyarakat.

Dalam tahapan Pilwalkot Kendari 2024, yang diikuti lima pasangan calon, pengerahan massa sangat berpotensi menimbulkan kerawanan, terutama karena acara tersebut berlangsung pada malam hari.

Baca Juga: Anton - Abbas Bantu Korban Kebakaran di Kecamatan Porehu Kolaka Utara

Kondisi ini berpotensi dapat menyulitkan aparat keamanan dalam menjaga situasi tetap kondusif. Untuk itu, AJP - ASLI menekankan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan selama berlangsungnya tahapan pilkada.

“Kami sudah berkoordinasi dengan para koordinator relawan serta sayap partai pengusung dan pendukung. Kami instruksikan tidak ada iring-iringan massa yang mengawal ke KPU. Ini adalah bentuk kecintaan kami kepada relawan dan upaya menjaga kondusivitas pilkada,” ujar AJP, Senin (23/9/2024).

Sebagai gantinya, AJP - ASLI telah mengarahkan seluruh relawan untuk berkumpul di Posko Pemenangan mereka. Di posko tersebut, pihaknya menyediakan fasilitas nonton bareng (nobar) live streaming pengundian dan pengumuman nomor urut.

Dengan cara ini, relawan tetap dapat menyaksikan proses pengundian nomor urut tanpa harus hadir langsung di lokasi acara, sehingga suasana pilkada tetap kondusif.

“Kami sudah sepakat untuk nonton bareng di posko saja. Relawan bisa menonton lewat live streaming dengan aman dan nyaman,” jelas AJP.

AJP juga menambahkan, tidak ada preferensi khusus mengenai nomor urut yang akan didapatkan. Bagi mereka, setiap nomor adalah baik, dan yang terpenting adalah memastikan proses pilkada berjalan dengan lancar, aman, serta menghasilkan pemimpin yang berkualitas untuk masyarakat Kendari.

Baca Juga: Zakaruddin Saga Tinggalkan Ringa Jhon karena Potensi Rahman - AJB Menang Pilkada Muna

“Nomor urut apa pun tidak masalah bagi kami. Yang terpenting adalah bagaimana memastikan pilkada ini berjalan lancar dan mampu melahirkan pemimpin yang berkualitas serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas AJP.

Langkah AJP - ASLI ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi pasangan calon lainnya dalam menjaga situasi pilkada agar tetap aman, damai, dan terhindar dari konflik.

Dengan tidak mengerahkan massa, AJP - ASLI berusaha membuktikan komitmennya terhadap demokrasi yang sehat serta tanggung jawab untuk menciptakan suasana pemilihan yang kondusif di Kota Kendari. (C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga