adplus-dvertising

Pengurusan Izin di DPM-PTSP Online dan Gratis

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 10 Februari 2020
4486 dilihat
Pengurusan Izin di DPM-PTSP Online dan Gratis
Susanty Sumampe, ST.M.Ars, Kabid Penyeleggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan DPM-PTSP Muna bersama Kasi Perizinan I, La Ode Ishak dan Kasi Perizinan II, La Ode Ojoaksa. Foto: Naryo/Telisik

" Dengan adanya sistem tersebut data pemilik perusahaan akan lebih valid. "

MUNA, TELISIK.ID - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Muna memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha. Untuk pengurusan izin, masyarakat tidak harus repot-repot lagi ke kantor. Pasalnya, prosesnya secara online dan gratis.

Susanty Sumampe, ST.M.Ars, Kabid Penyeleggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan DPM-PTSP Muna menerangkan, layanan sistem online menggunakan aplikasi Online Single Submission (OSS) dan Si Cantik. Dengan adanya aplikasi itu lebih mempermudah dan mempercepat masyarakat untuk membuat izin usaha. "Sistem itu terintegrasi langsung ke pusat," sebut Susanty.

Masyarakat yang ingin membuat izin, tinggal menginput data yang dibutuhkan pada aplikasi OSS maupun Si Cantik. Bila bingung, pihaknya akan membantu. 


"Dengan adanya sistem tersebut data pemilik perusahaan akan lebih valid," kata jebolan Magister Universitas Indonesia (UI) itu.

Baca Juga : Amankan Kongres PAN, Polda Turunkan 1.400 Personil

Sejauh ini, telah banyak izin yang dikeluarkan lewat sistem online itu. Antara lain, IMB, sektor kesehatan, pendidikan dan usaha. "Sudah sekitar 5 izin yang diterbitkan," ujarnya.

Layanan perizinan online akan terintegrasi dengan sistem Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM serta sistem Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. 

Reporter: Naryo
Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga