Penyebab dan Cara Atasi Ketiak Gelap

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 26 Oktober 2023
0 dilihat
Penyebab dan Cara Atasi Ketiak Gelap
Ketiak hitam seringkali membuat seseorang kurang percaya diri, terutama jika sedang mengenakan pakaian tanpa lengan. Foto: Repro Siloamhospital.com

" Cara mengatasi ketiak hitam dapat dilakukan dengan bahan alami seperti lemon hingga tindakan medis berupa terapi laser "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketiak hitam sering kali membuat seseorang kurang percaya diri, terutama jika sedang mengenakan pakaian tanpa lengan. Sebagian besar kulit ketiak yang gelap disebabkan karena pemakaian produk anti-bau badan yang mengiritasi.

Namun, ada juga yang disebabkan karena faktor hormonal. Penyebab lain adalah keringat berlebihan, iritasi karena proses pencukuran bulu ketiak, atau gesekan dengan pakaian.

Cara mengatasi ketiak hitam dapat dilakukan dengan bahan alami seperti lemon hingga tindakan medis berupa terapi laser.

Berikut ini penyebab ketiak gelap:

1. Infeksi bakteri

Melansir Siloamhospital.com, perubahan warna ketiak menjadi hitam bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium minutissimum.

Baca Juga: Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Ketiak Hitam atau Gelap

Perkembangan bakteri ini biasanya dipicu oleh keringat, lingkungan yang lembap, kurangnya kebersihan tubuh, hingga masalah kesehatan tertentu, seperti obesitas dan diabetes. Dalam beberapa kasus, infeksi bakteri ini dapat menimbulkan rasa gatal.

2. Iritasi kulit ketiak

Penyebab paling umum dari ketiak hitam adalah iritasi akibat kebiasaan mencukur atau mencabut bulu ketiak yang kurang tepat. Tindakan tersebut menyebabkan kulit mengalami iritasi dan mendorong produksi melanosit (pigmen penghasil warna kulit) secara berlebihan.

3. Kehamilan

Sebagian ibu hamil dapat mengalami perubahan atau gangguan kulit, dan salah satunya adalah kulit ketiak hitam. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan yang merangsang peningkatan produksi melanin. Warna kulit yang menghitam biasanya akan memudar dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

4. Acanthosis nigricans

Kulit ketiak hitam juga bisa disebabkan oleh penyakit yang disebut acanthosis nigricans. Orang yang memiliki kondisi ini akan mengalami penebalan kulit dan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Munculnya pun tidak hanya di ketiak, melainkan juga bisa di leher, wajah, tubuh, perut, lengan, dan sekitar pangkal paha.

Acanthosis nigricans bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

- Kelebihan berat badan atau obesitas

- Diabetes tipe 2

- Gangguan hormon, seperti pada penyakit penyakit tiroid, sindrom Cushing, atau sindrom ovarium polikistik (PCOS)

- Efek samping obat-obatan yang dapat memengaruhi hormon, seperti pil KB dan kortikosteroid

Baca Juga: Malu Payudara Besar, Wanita Korea Utara Senang Punya Bulu Ketiak Panjang

Cara menghilangkan ketiak hitam dikutip dari Alodokter.com:

Gunakan bahan alami

Beberapa bahan alami dipercaya dapat mengatasi kulit ketiak yang menghitam. Anda dapat menggunakan masker alami dari mentimun, lemon, kunyit, minyak kelapa, atau kulit jeruk.

Cara membuat masker ketiak dari berbagai bahan tersebut cukup mudah. Pertama, iris dan lunakkan atau haluskan menjadi jus bahan alami pembersih ketiak hitam yang ingin digunakan. Kemudian, tempelkan masker tersebut ke ketiak. Setelah itu, tunggu sampai beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

Kenakan pakaian yang menyerap keringat

Keringat berlebihan dapat menyebabkan kulit ketiak rentan mengalami iritasi. Suhu panas dan kelembapan di kulit ketiak ditambah kurangnya menjaga kebersihan tubuh juga dapat memudahkan kuman untuk tumbuh subur di ketiak. Hal ini dapat mengakibatkan ketiak menjadi hitam. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga