Ruas Jalan Kecamatan Anggaberi Segera Diaspal

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 12 Desember 2023
0 dilihat
Ruas Jalan Kecamatan Anggaberi Segera Diaspal
Pj Bupati Konawe bersama jajaran OPD saat melakukan kunjungan di PT TPM. Foto: Ist.

" Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, bakal melakukan pengaspalan ruas jalan kabupaten yang terletak di Kecamatan Anggaberi, Kabupaten Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, bakal melakukan pengaspalan ruas jalan kabupaten yang terletak di Kecamatan Anggaberi, Kabupaten Konawe.

Hal itu disampaikan Harmin Ramba saat kunjungan kerja di PT TPM pada Senin (11/12/2023) kemarin. Ia mengatakan, jalan Anggaberi masuk dalam program prioritas.

Harmin mengungkapkan, peningkatan jalan itu tidak lepas dari kontribusi perkebunan kelapa sawit di Konawe. Dimana keberadaan beberapa perkebunan sawit itu memberi kontribusi positif untuk pembangunan daerah.

"Kita akan aspal jalan Anggaberi ini secara perlahan, anggarannya akan digunakan dari dana bagi hasil perkebunan itu sendiri sebesar Rp 4,2 miliar," kata Harmin Ramba.

Baca Juga: Pemdes Kambawa Kole Pakai Aspal Buton untuk Jalan Lingkungan

Harmin mengaku, selain berkontribusi pada pembangunan daerah, perusahaan perkebunan swasta ini juga mengurangi angka pengangguran di Konawe.

"Saya ingin dorong, CPO ini tidak hanya di jual ke luar, kalau bisa dibuatkan pabrik CPO karena saya melihat kita ini masih berada di hulu belum berada di hilir, sehingga saya mendorong perusahaan swasta bangun pabrik minyak goreng di Konawe, sehingga selain menjadi pemasukan daerah, kita dapat membuka lapangan kerja," harap Harmin Ramba.

Baca Juga: Bappeda Sulawesi Tenggara Optimalkan TKDN Demi Peningkatan Ekonomi, Salah Satunya Aspal Buton

Sebelumnya Direktur Operasional PT TPM, Mei Ekaminsa menyampaikan bahwa saat ini telah tertanam kelapa sawit dengan luas 6.577 Ha, 43 persen kemitraan dan satu pabrik pengolahan kelapa sawit dengan kapasitas 45 ton/jam.

"Serta telah memperkerjakan 1.533 tenaga kerja yang 98 persen adalah masyarakat lokal," jelasnya.

PT. TPM juga membuka kesempatan kepada siswa maupun mahasiswa untuk melakukan penelitian atau magang, baik karya ilmiah maupun skripsi sarjana. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga