Sekdis PMD Muna Tak Tandatangan, Alokasi Dana Desa Bangunsari Belum Bisa Cair

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 19 Agustus 2021
0 dilihat
Sekdis PMD Muna Tak Tandatangan, Alokasi Dana Desa Bangunsari Belum Bisa Cair
Plt Kades Bangunsari, Munawar bersama perangkatnya. Foto: Sunaryo/Telisik

" Alokasi Dana Desa Bangunsari, Kecamatan Lasalepa, Kabupaten Muna tahun 2021, belum ada satupun yang bisa dicairkan. "

MUNA, TELISIK.ID - Alokasi Dana Desa (ADD) Bangunsari, Kecamatan Lasalepa, Kabupaten Muna tahun 2021, belum ada satupun yang bisa dicairkan.

Pasalnya, Sekretaris Dinas (Sekdis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muna, Syafrullah, tidak mau menandatangani proposal pencairan ADD.

Buntutnya, Insentif perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan karang taruna belum ada yang bisa dibayarkan. Mereka pun terpaksa turun langsung mempertanyakan hal tersebut di Kantor DPMD, Kamis (19/8/2021).

Plt Kades Bangunsari, Munawar menerangkan, untuk proposal pencairan ADD triwulan pertama (Januari-Maret) telah ditandatangani oleh Kadis PMD, Rustam.

Namun, karena sekdis belum menandatangi, dana tidak bisa dicairkan. Ia tak tahu apa yang menjadi penyebab, hingga sekdis ogah meneken proposal itu.

Baca juga: Kapolres Buton Mediasi 2 Desa Pasca Pengrusakan Rumah Makan

Baca juga: Kader PKB Jatim Wajib Jadi Orang Tua Asuh Anak yang Jadi Yatim Piatu Akibat COVID-19

"Kita juga bingung, pak kadis sudah lama menadatangani usulan pencairan, tetapi sekdis ini malah tidak mau. Sebenarnya ada apa," keluh Munawar.

Ketua BPD Bangunsari, Katimin mengatakan, total ADD setahun sebesar kurang lebih Rp 500 juta. Pencairannya dilakukan bertahap (triwulan).

Dana tersebut digunakan untuk membiayai insentif dan kebutuhan alat tulis kantor (ATK). Perangkat desa, tokoh adat, imam mesjid, dan karang taruna saat ini terus menuntut haknya. Namun, mereka tidak bisa berbuat apa-apa.

"Kita mau buat apa, dana sepeserpun belum ada yang cair. Makanya, kita datang mengadu di sini (DPMD)," terangnya.

Sementara itu, Kadis PMD Muna, Rustam kaget bila masih ada ADD yang belum dicairkan. Padahal, ia sudah meneken seluruh proposal pencairan.

"Saya mau konfirmasi dulu pada sekdis, sebenarnya apa yang jadi masalahnya," katanya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga