SSB Elang Buton Utara Wakili Sulawesi Tenggara di Kejuaraan Sepak Bola Anak Tingkat Nasional

Rina Gayatri, telisik indonesia
Selasa, 05 September 2023
0 dilihat
SSB Elang Buton Utara Wakili Sulawesi Tenggara di Kejuaraan Sepak Bola Anak Tingkat Nasional
Wakil Bupati Buton Utara, Ahali didampingi Kadispora, Harlin Hari dan Ketua PSSI Buton Utara, Yos Harman, menerima sekaligus melepas kontingen sepak bola elang Buton Utara di Sekretariat Daerah. Foto: Rina Gayatri/Telisik

" Sekolah Sepak Bola (SSB) Elang Kabupaten Buton Utara, mewakili Sulawesi Tenggara dalam ajang Forum Sepak bola Anak Indonesia (FSAI) U-12 di tingkat nasional "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Sekolah Sepak Bola (SSB) Elang Kabupaten Buton Utara, mewakili Sulawesi Tenggara dalam ajang Forum Sepak bola Anak Indonesia (FSAI) U-12 di tingkat nasional.

Diketahui peserta yang akan bertanding pada seri nasional kejuaraan sepak bola  terdapat 36 tim utusan dari 34 provinsi, dan akan dilaksanakan pada 8-10 September 2023 di Solo, Jawa Tengah.

Sebelumnya, SSB Elang berhasil mengalahkan SSB Satria Wakumoro di babak final dengan skor 3-2. Dengan kemenangan tersebut, SSB Elang resmi menjadi juara dan berhasil mewakili Sulawesi Tenggara.

Wakil Bupati Buton Utara, Ahali menyampaikan, apresiasi atas keikutsertaan SSB Elang pada gelaran tingkat nasional kali ini.

Baca Juga: Operasi Zebra Anoa di Buton Utara, Berikut 7 Jenis Sasaran Pelanggaran

"Saya mewakili pemda dan seluruh masyarakat Buton Utara sangat bangga dan mendukung sepenuhnya, karena ini merupakan potensi regenerasi. Kita berharap, momen ini menjadi contoh untuk ke depannya Buton Utara tidak kalah dengan daerah lain terkait potensi olahraga khususnya sepak bola," ucap Ahali, Selasa (5/9/2023).

Bupati Buton Utara, Ridwan Zakariah juga berpesan melalui Wakil Bupati, Ahali untuk memperhatikan terkait dukungan logistik, kesehatan dan mentalitas atlet yang didampingi.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Harlin Hari mengaku, mendapat dukungan dan support penuh dari pemerintah daerah atas keberangkatan tim sepak bola menuju Solo.

"Total 12 orang pemain yang akan diberangkatkan, didampingi 4 orang official dan pelatih, ada juga dari pihak pemda, termasuk Kadispora Provinsi juga akan ikut menghadiri dan menyaksikan pertandingan secara langsung," ungkap Harlin.

"Dan ini semua dibiayai oleh Pemda Buton Utara," tambahnya.

Tim sepak bola usia dini akan diberangkatkan Rabu besok menuju Kota Kendari melalui jalur darat, kemudian dari Kendari menuju Surabaya melalui pesawat, lalu Surabaya lanjut ke Solo.

Baca Juga: Mengenal Tradisi Haroano Laa, Pesta Panen Ala Buton Utara

Keberhasilan SSB Elang Buton Utara tentu tidak luput dari perjuangan sang pelatih, Jamrin yang selama ini melatih anak didiknya dengan penuh kesabaran.

"Yang saya tanamkan ke anak-anak adalah kedisiplinan, dalam hal ini disiplin waktu untuk latihan, disiplin belajar dan jangan lupa beribadah serta selalu berdoa kepada sang pencipta. Serta selalu menghargai orang tua, guru, pelatih dan teman sejawat," ungkapnya.

Tiga kunci utama yang selalu ia tekankan kepada anak didiknya untuk menjadi pemain bola profesional, pertama disiplin latihan, kedua istirahat yang cukup dan ketiga gizi yang terpenuhi. Ketiga hal itu adalah segitiga emas yang apabila tercapai maka SSB Buton Utara akan berjaya hingga di tingkat nasional.

"Harapan saya ke depannya dengan adanya SSB Elang Buton Utara ini anak-anak tetap semangat latihan, baik usia 10 tahun atau usia 12 tahun. Saya sangat berterima kasih kepada pemda yang selalu mensuport kami," pungkas Jamrin. (A)

Penulis: Rina Gayatri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga