Tahun 2022, Bombana Kejar PAD Rp 22 Miliar dari Sektor Pajak

Hir Abrianto, telisik indonesia
Jumat, 11 Maret 2022
0 dilihat
Tahun 2022, Bombana Kejar PAD Rp 22 Miliar dari Sektor Pajak
Sosialisasi pajak rumah makan dan warung di Bombana. Foto: Ist.

" Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Bombana melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) mengejar target PAD hingga Rp 22 miliar pada sektor pajak "

BOMBANA, TELISIK.ID - Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Bombana melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) mengejar target PAD hingga Rp 22 miliar pada sektor pajak.

Kepala Bidang Pendataan dan Penetapan Pajak Daerah Kabupaten Bombana, Andi Indrawati mengatakan, pada tahun 2022 ditergetkan pendapatan Rp 22.129.490.000, yang bersumber dari 10 jenis pajak, yaitu pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak sarang burung walet, pajak air tanah, pajak BPHTB dan pajak PBB-P2.

"Kami khususnya BKD tetap optimis akan mencapai target dengan tetap berupaya melakukan optimalisasi PAD. Ini belum masuk OPD lain," ujar Andi Indrawati, kepada Telisik.id, Jumat (11/3/2022).

Katanya, salah satu usaha dalam optimalisasi peningkatan PAD yaitu mulai tahun ini diberlakukan bahwa setiap kegiatan pemerintah yang belanjanya di rumah makan atau restoran, dituntut agar para bendahara langsung  menyetorkan pajak makan minum langsung ke rekening kas daerah.

Baca Juga: Upaya Wakatobi Wujudkan Daerah Cerdas Hukum dan Ekonomi

Hal ini juga sesuai dengan arahan dan hasil koonsultasi Tim Audit BPK dalam sosialisasi pajak beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Gandeng PPAD, Kemendesa PDTT Cegah Radikalisasi di Kawasan Transmigran

"Harapan kami, semoga ke depannya para pelaku usaha dan wajib pajak taat dan patuh dengan ketetapan dan aturan perpajakan yg berlaku. Mari bayar pajak, orang bijak taat pajak," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhungan Bombana, Ramsi Rafiu juga menyebutkan bahwa target PAD bersumber dari retribusi kendaraan tahun ini digenjot hingga Rp 1,4 miliar.

"Tahun ini meningkat target kami (sektor perhubungan), setiap hari personel diturunkan di lapangan seperti pelabuhan, pasar dan jalan raya," singkatnya. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga