Vakum 2 Tahun, Kawan Inspirasi Sapa Desa Hadir Kembali dengan Tema 'Terbangkan Mimpi Anak Negeri'

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Senin, 18 Juli 2022
0 dilihat
Vakum 2 Tahun, Kawan Inspirasi Sapa Desa Hadir Kembali dengan Tema 'Terbangkan Mimpi Anak Negeri'
Tahun ini merupakan kali ketiganya Kawan Inspirasi Kendari mengadakan KI Sapa Desa, setelah 2 tahun terhenti akibat pandemi COVID-19. Foto: ist

" Kawan Inspirasi (KI) Kendari kembali mengadakan kegiatan KI Sapa Desa, setelah sebelumnya sempat terhenti selama dua tahun karena adanya pandemi COVID-19 "

KONAWE, TELISIK.ID - Kawan Inspirasi (KI) Kendari kembali mengadakan kegiatan KI Sapa Desa, setelah sebelumnya sempat terhenti selama dua tahun karena adanya pandemi COVID-19.

Adapun kegiatan KI tahun ini, dilaksanakan di Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe dengan tema “Terbangkan Mimpi Anak Negeri”, serta melibatkan 36 orang profesional atau relawan inspirator dari berbagai profesi seperti Chef, Robitical Engineer, Apoteker, Staff Rutan, Software Engineer, CEO Startup, Barista, Jurnalis, Penyair Radio, Pegawai Pajak, Content Creator, Pegawai Pemasaran, Pengacara, dan profesi lainnya.

Para relawan Inspirator berinteraksi langsung dengan siswa, guru, dan masyarakat yang ada di lokasi tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini para relawan dapat turut ambil bagian dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Kecamatan Wawotobi.

Baca Juga: BPBD Bombana Utamakan Pencegahan Bencana

Koordinator kegiatan KI Sapa Desa 3.0, Prime mengatakan tahun ini merupakan ketiga kalinya Kawan Inspirasi Kendari mengadakan KI Sapa Desa. Dimana sebelumnya, KI Sapa Desa pertama dilaksanakan pada tanggal 4-5 Agustus 2018 di 5 Sekolah Dasar Landono, Kabupaten Konawe Selatan.

Dan KI Sapa Desa 2.0 dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus-1 September 2019, melibatkan 7 Sekolah Dasar yang terletak di Kecamatan Buke, Kabupaten Konawe.

Baca Juga: Terbaik Pengelolaan Anggaran, Rutan Unaaha Sabet Penghargaan dari KPPN

“Sedangkan KI Sapa Desa 3.0 tahun ini telah kami laksanakan pada 16-17 Juli 2022, dengan sasaran 9 Sekolah Dasar yang terletak di Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe,” katanya, (18/7/2022).

Sementara itu, Kordiv Rekrutmen, Eka mengatakan bahwa untuk item dari kegiatan yang dilaksanakan KI Kendari Sapa Desa 3.0 ini sendiri, antara lain:

  1. Ruang Inspirasi (Mini KI), dimana Relawan inspirator, berbagi dan bercerita seputar profesinya, sehingga adik-adik dapat terinspirasi dan termotivasi untuk mempunyai mimpi dan cita-cita.
  2. Ruang Diskusi yaitu memberikan penjelasan mengenai Metode Pembelajaran Kreatif kepada guru.
  3. Ruang Berbagi yaitu posko ilmu pengetahuan di kegiatan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu). Dimana terdiri tiga posko yaitu, sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CBPR), Kelas Sains dan Simulasi Bencana Alam.
  4. Ruang Interaksi yaitu mengedukasi masyarakat mengenai Gerakan Kesehatan Masyarakat. (B)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Baca Juga