Wisudawan Terlambat dan Harus Menunggu di Luar Gedung, Warnai Wisuda UHO Hari Ini

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Rabu, 03 Mei 2023
0 dilihat
Wisudawan Terlambat dan Harus Menunggu di Luar Gedung, Warnai Wisuda UHO Hari Ini
Wisudawan yang terlambat terpaksa harus menunggu di luar gedung Auditorium. Foto: Rasmin Jaya/Telisik

" Beberapa wisudawan UHO Kendari harus menunggu di luar Audotorium lantaran terlambat tiba di lokasi wisuda "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara, menggelar wisuda periode Januari-April 2023 di Gedung Auditorium pada hari ini dan 4 Mei 2023.

Terlihat para pendamping wisudawan duduk di luar gedung. Yang dibolehkan masuk ke dalam Auditorium hanya wisudawan, sedangkan pendampingnya disiapkan tempat khusus di samping Auditorium dengan videotron/TV layar lebar.

Sebanyak 1.294 mahasiswa dan mahasiswi Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari diwisuda hari ini. Momentum ini adalah salah satu yang dinantikan oleh para mahasiswa maupun orang tua untuk menyaksikan secara langsung prosesi wisuda, apa lagi sudah dilakukan secara offline. Diketahui, beberapa tahun belakangan ini wisuda dilakukan secara online karena kendala COVID-19.

Salah seorang peserta wisuda bernama Ayu, terpaksa menyaksikan wisuda dari luar Auditorium karena terlambat. Sesekali ia membujuk sekuriti yang sedang berjaga untuk membolehkannya masuk.

Pantauan Telisik.id, terlihat suasana di luar gedung Auditorium terlihat begitu ramai. Banyaknya pendamping wisudawan yang meskipun tidak bisa masuk ke dalam gedung, tetap bersemangat dan mendukung wisudawan mereka dengan berbagai cara.

Baca Juga: 1.294 Mahasiswa UHO Wisuda Hari Ini

Beberapa wisudawan harus menunggu di luar lantaran terlambat tiba di lokasi wisuda. Ekspresi mereka cemberut, lesu dan sedih akibat tidak bisa masuk menyaksikan acara wisuda secara langsung di dalam Auditorium.

Setengah memaksa, merek bermohon-mohon kepada sekuriti yang sedang berjaga agar diberikan toleransi dan kebijakan untuk masuk di dalam Auditorium.

Salah seorang sekuriti, Asrani mengatakan, para wisudawan sudah ditetapkan harus hadir di tempat wisuda  pukul 08.00.

"Jika ada yang terlambat, konsekuensinya tidak bisa masuk. Apa lagi rektor dan senat sudah masuk duluan," katanya.

Tak hanya itu, orang tua wisudawan dan wisudawati juga tak bisa menyaksikan proses pemindahan toga karena sudah dipersiapkan tempat duduk khusus di luar gedung.

"Kebijakan itu sudah berlaku sejak wisuda tahun lalu," tegasnya.

Sekuriti yang lain, Eno mengatakan, peserta yang terlambat bisa menunggu sebentar agar pada saat pemindahan toga bisa diberikan kesempatan untuk masuk.

Baca Juga: Besok Ribuan Mahasiswa UHO Kendari Wisuda untuk Periode Januari-April 2023

"Kalau kita berikan ruang untuk masuk sekarang kan, kita juga yang jadi korban dan kena marah sama Pak Rektor," katanya.

Di tempat yang sama, seorang ibu bernama Arsi Windah yang mengantarkan anaknya untuk diwisuda mengaku sangat bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh anaknya. Meskipun harus duduk di luar gedung, ia mengaku tetap merasa senang karena dapat melihat anaknya di layar lebar yang sudah disiapkan panitia.

"Bangga sekali, meskipun harus duduk di luar gedung, tapi kita tetap bisa melihat langsung anak kita di layar lebar," ucapnya tersenyum. (A)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga