Penerimaan CASN Bakal Dibuka Tahun Ini

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023
0 dilihat
Penerimaan CASN Bakal Dibuka Tahun Ini
Pembukaan pendaftaran CASN akhirnya mulai menunjukkan titik terang. Pemerintah menargetkan, seleksi akan dibuka pada Juni 2023 ini. Foto: Repro Menpan.go.id

" Kalender seleksi CASN telah selesai digodok dan seleksi akan dimulai lebih cepat dibanding tahun lalu "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kabar gembira buat Telisikers yang sedang mencari dan menunggu pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Pembukaan pendaftaran CASN akhirnya mulai menunjukkan titik terang. Pemerintah menargetkan, seleksi akan dibuka pada Juni 2023 ini.

Dikutip dari Detik.com, berita itu disampaikan Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB, Alex Denni. Ia menyebut, kalender seleksi telah selesai digodok dan seleksi akan dimulai lebih cepat dibanding tahun lalu.

Meski seleksi PPPK 2022 belum selesai, namun Alex menjamin segala prosesnya akan dijalankan secara paralel. Bahkan, kini pihaknya telah selesai menyusun kalender seleksi CASN tersebut.

Dilansir dari Cnbcindonesia.com, pola perekrutan ini akan paralel dengan selesainya rekrutmen PPPK tenaga teknis yang rencananya selesai pada Juni 2023 mendatang. Dia mengaku tim dari lintas kementerian juga sudah mulai membuat soal-soal tes seleksi.

Baca Juga: Pendaftaran CASN Diperpanjang Hingga 27 November

"Ini malah paralel tim sudah siapin soal kemarin sudah Kemendikbud, Kemenkes, dengan BPK, dengan BRIN, BSSN, selaku Panselnas, dengan BKN tentunya," tutur Alex.

Selain itu, ia juga mengungkapkan anggaran kebutuhan seleksi sudah ditetapkan. Namun, ia belum mau merincikannya termasuk dengan jumlah formasi yang dibuka untuk memenuhi kebutuhan pengadaan ASN tahun ini.

Baca Juga: BKPSDM Belum Tahu Identitas 6 ASN Korban Kecurangan Seleksi CASN 2021

Mengenai formasi, Alex tak menjawab berapa formasi yang akan dibuka. Ia hanya menegaskan, jumlah formasinya akan lebih banyak dibandingkan lowongan formasi pada seleksi tahun lalu.

"InsyaAllah April kita bungkus (jumlah formasi). Clue-nya lebih banyak dari tahun ini. Karena tahun ini kan kita target menyelesaikan THK (tenaga kerja honorer) 2, non-ASN dan lain-lain," bebernya dikutip dari Cnnindonesia.com. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga